Jumat, 28 Desember 2012

LOMBOK, sebuah pulau indah dari Surga







Lombok, salah satu pulau di wilayah Republik Indonesia, adalah sebuah pulau indah dari Surga, yang kemudian kita temukan saat ini terletak di Samudera Hindia. Dalam geografi Planet Bumi ini, ia merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam gugusan kepulauan Sunda Kecil. Posisinya terletak tepat di sebelah Timur sebuah pulai kecil lainnya yang sangat terkenal di mancanegara dengan pariwisatanya, yaitu  Pulau Bali yang masyhur dengan sebutan Pulau Tuhan (Pulau Dewata).

Hampir sama dengan Pulau Bali, luas wilayah Pulau Lombok 4,725 km2. Ketinggian daratannya 0 - 3,726 m di atas permukaan laut, dengan titik tertinggi adalah puncak Rinjani, sebuah gunung berapi yang masih aktif. Meskipun dari Pulau Bali dipisahkan oleh Selat Lombok, dan dari Pulau Sumbawa dipisahkan oleh Selat Alas; namun Pulau Lombok tidak pernah sendirian. Keindahan Pulau Lombok dimulai dari posisinya yang dikelilingi oleh 26 pulau-pulau mungil yang membentuk pesona alami di sekitarnya. Sungguh sebuah keindahan yang tercipta dari imajinasi Maha Agung dan dari tangan Maha Lembut. Mirip sebuah mutiara hijau yang diikat menjadi Mata sebentuk cincin yang disekelilingnya ditaburi deretan permata-permata cantik dari jenis berlian mungil yang memancarkan cahaya di malam hari. Pulau-pulau kecil ini kemudian disebut Gili.


https://www.facebook.com/photo.php?fbid=400904393316742&set=a.314957165244799.73546.212928302114353&type=1&theater


Hampir setiap pantai menyuguhkan keindahan menawan dengan  pasir putihnya yang membentang sejauh mata memandang. Di depan setiap pantai, pada kejauhan yang tepat seperti dirancang oleh Pencipta Semesta untuk memenuhi kebutuhan rasa yang mengundang inspirasi dan menciptakan rasa damai, kita dapat menikmati keindahan Gili yang nampak hijau membentang dengan pasir putihnya. Wisatawan mancanegara  dan lokal, sampai saat ini pada umumnya baru mengenal 3 buah Gili yang terletak pada arah Barat Daya dari Pulau Lombok, yaitu Gili Lawang, Gili Meno dan Gili Air. Hal ini karena kebetulan ketiga Gili tersebut berada pada lokasi yang dekat dengan daerah pariwisata yang cukup terkenal, yaitu Senggigi.


www.asiadivesite.com/images/



Artinya, pantai indah dan pesona gili di daerah ini masih terlalu banyak yang belum disentuh untuk kebahagiaan, inspirasi dan pengasah imajinasi. Kondisi dan keindahan setiap pantai dan 26 Gili ini, akan diidentifikasi dan dipresentasikan pada artikel-artikel lain secara bertahap dalam blog ini.

Gili dan pantai hanya sebagian kecil dari ciri dan kekayaan keindahan Pulau Lombok. Di daerah dataran tingginya masih terdadapat banyak suguhan alam yang sangat menarik untuk dinikmati, misalnya Danau Segara Anak, Gunung Baru Jari, Air Terjun Sendang Gila, Air Terjun Mayung Putik, Keindahan Alam Senaru, dan lain-lain. Pada saat yang tepat semua ini akan dipresentasikan dalam blog ini secara detail satu persatu.   






Tidak ada komentar:

Posting Komentar